Cara Praktis Mencari NISN Siswa Secara Online

Cara Cek NISN Siswa Melalui Internet


Cara mencari NISN siswa/ pelajar dengan mudah - NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah sistem pengelolaan nomor induk siswa di seluruh Indonesia yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Pada hakikatnya, NISN akan diberikan pada peserta didik dari jenjang SD. NISN biasanya diperlukan untuk pengambilan nilai seperti rapor atau nilai hasil ujian.

NISN terdiri dari sepuluh nomor unik yang selalu diawali dengan tiga angka yang merupakan tanggal lahir peserta didik tersebut. Semisal seorang peserta didik mempunyai nomor 0061234567, berarti peserta didik tersebut lahir pada tahun 2006.

Penentuan dan pemberian kode pengenal indentitas peserta didik tersebut didasari sumber data peserta didik yang telah divalidasi oleh tiap-tiap sekolah atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online melalui situs Kementrian Pendidikan Sosial dan Budaya.

Wajib baca: Cara Upgrade Windows 10 Gratis Legal!

NISN berperan penting sebagai kode pengenal peserta didik. Pada hakikatnya, pihak sekolah pasti memberikan nomor NISN kepada peserta didik, baik melalui peserta didiknya langsung atau melalui perantara orang tua siswa.

Sebelum ke topik utama (cara mencari NISN), ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu mengenai tujuan dan manfaat Nomor Induk Siswa Nasional. Berikut ini adalah manfaat dan tujuan lengkap adanya NISN.


Tujuan pemberian Nomor Induk Siswa Nasional

  • Mengidentifikasikan tiap-tiap individu peserta didik di seluruh sekolah di Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan Nomor Induk Siswa secara online bagi unit-unit kerja di Depdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga sekolah yang bersifat standar, tarpadu, dan akuntabel dengan berbasis Teknologi Informasi (IT) dan Komunikasi.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam mengembangkan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan, dan program pendidikan lainnya baik berada di pusat, provinsi, kota, kabupaten, bahkan hingga sekolah. Contohnya seperti BOS (Bantuan Operasional Sekolah), UN (Ujian Nasional), Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Beasiswa, dan Sistem Informasi Manajemen Sekolah.

Dalam beberapa kasus, banyak peserta didik yang kelupaan akan nomor NISN-nya. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dipaparkan informasi untuk peserta didik yang mungkin kelupaan atau kehilangan data NISN dan sedang membutuhkannya untuk perihal tertentu. Di sini akan saya bahas cara mengecek atau mencari NISN dengan mudah dan cepat melalui Internet serta melalui aplikasi di Android.

Cara mencari NISN siswa SD, SMP, dan SMA

  • Silakan merujuk pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.
  • Di sana terdapat dua opsi menu, yakni Pencarian Berdasarkan NISN dan Pencarian Berdasarkan Nama. Pilih opsi Pencarian Berdasarkan NISN bila Anda hanya ingin melihat data diri peserta didik seperti nama, tanggal lahir, tempat lahir, dan lain-lain. Pilih opsi Pencarian Berdasarkan Nama bila Anda ingin mencari kode Nomor Induk Siswa Nasional Anda.
    Cara Mencari NISN Siswa Lewat Internet
  • Pada Pencarian Berdasarkan Nama, isi formulir dengan lengkap, teramsuk Nama Siiswa, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Semua wajib diisi supaya pencarian lebih mudah. Lalu bila sudah selesai, klik tombol 'Cari' di bawahnya.
    Cara Mencari NISN lewat Internet
     
  • Lihat hasilnya.
Hasil pencarian NISN melalui Internet
Hasil pencarian.
Catatan: Situs kemdikbud.go.id sering down, lebih baik Anda menyimpan NISN yang telah Anda dapatkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika waktu ingin mengecek NISN situs Kemdikbud sudah down terlebih dahulu dan Anda lagi benar-benar membutuhkannya, maka saya akan memberi cara lain yang juga sangat mudah untuk dilakukan. Ini dia caranya.

Cara mengetahui NISN melalui aplikasi Android

  1. Khusus untuk pengguna Android, Anda dapat mengunduh aplikasi bernama Cek NISN pada tautan berikut: play.google.com/store/apps/details?id=ceknisn.w2n.popsi
  2. Nah, pada saat memasuki aplikasi Android tersebut Anda akan mendapati tiga opsi yang bisa Anda pilih, yaitu Cek Dengan NISN, Cek Dengan QRCode, dan Cek Dengan Nama. Untuk Cek Dengan NISN dan Cek Dengan Nama sama saja dengan tutorial pertama, tetapi untuk Cek Dengan QRCode, Anda harus men-scan kode QR pada kartu NISN Anda, tentunya untuk memperoleh data-data peserta didik.
  3. Kalau sudah, tunggu loadingnya selesai, dan selamat, Anda mendapatkan kode unik NISN Anda!
Cara cek NISN SIswa dengan aplikasi


Masih belum paham mengenai cara mengecek NISN di atas? Coba simak video di bawah ini!



Pertanyaan yang sering diajukan

Saya belum mempunyai NISN. Bagaimana cara memperolehnya? Jika peserta didik tidak memiliki, silakan download (unduh) Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 untuk pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN Kemdiknas http://nisn.data.kemdiknas.go.id melalui menu FORMULIR PENGAJUAN; Mencetak formulir-formulir tersebut; Mengisi formulir-formulir tersebut secara manual; Menyerahkan kepada operator NISN/NPSN sekolah di mana siswa berasal; Bagi pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. tersebut ke PDSP melalui alamat E-mail: [email protected] untuk diberikan NISN.

Kode NISN saya tidak ditemukan, bagaimana ini? Pastikan data-data yang Anda isikan benar, dan Anda telah terdaftar menjadi seorang siswa. Tetapi jika ternyata memang tidak ditemukan, kemungkinan data yang dicari dengan data yang didaftarkan tidaklah sama. Coba konsultasikan pada pihak Kemdikbud-nya langsung mengenai perihal ini dengan nomor telepon (021) 57904777 atau (021) 57904804. Cara terakhir, minta pada Tata Usaha/ kordinator sekolah, siapa tahu bisa dibantu.

Bagaimana cara mencetak NISN? Untuk tutorial tersebut, saya tidak dapat menjelaskannya di sini karena sudah out of topic. Tapi jangan khawatir, Anda dapat melihat tutorial di blog lain pada tautan berikut: Cara Cetak Kartu NISN.

Kode NISN saya sebelumnya ada jika di cek online, tapi sekarang tidak ada. Kenapa? Mungkin Anda telah keluar dari suatu sekolah, atau Anda tidak terdaftar sebagai seorang pelajar lagi, atau pihak sekolah meminta penghapusan NISN Anda kepada Kemdikbud. Solusinya tanyakan langsung pada kordinator sekolah atau pihak Kemdikbud.

Bagaimana jika seorang pelajar memiliki NISN lebih dari satu? Bila NISN murid lebih dari satu itu tandanya NISN yang dipakai telah digunakan untuk alat administrasi dan validasi peserta didik di sekolahnya. Untuk NISN yang tidak dipakai, lebih baik segera laporkan kepada kordinator sekolah untuk meminta penghapusan secepatnya.

Ada pertanyaan lainnya seputar NISN? Silakan ajukan pada kolom komentar!

Mau dapat artikel seperti ini? Yuk berlangganan melalui email, GRATIS!

Artikel Menarik Lainnya

Tampilkan Komentar ()